Washington

Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Joe Biden, berjanji segera menunjuk ilmuwan ke gugus tugas untuk menangani virus Corona di Amerika Serikat (AS). Ilmuwan dan ahli terkemuka bahan ditunjuk menjadi penasihat untuk mengambil perencanaan penanganan pandemi.

“Pada hari Senin saya hendak menunjuk sekelompok ilmuwan dan cakap terkemuka sebagai penasihat transisi untuk membantu mengambil rencana Biden-Harris serta mengubahnya menjadi cetak biru dengan akan dimulai pada 20 Januari 2021, ” kata Biden pada para pendukung, dalam pidato, seperti dikutip dari AFP, Minggu (8/11/2020).

Janji itu menunjukkan bahwa dia berencana untuk mendahulukan pandemi sejak awal. Untuk diketahui kasus Corona di AS di dalam tiga hari mencatat rekor tertinggi yakni 122. 075 kasus anyar selama 24 jam. Sementara itu ada 991 kematian sehingga mutlak kasus meninggal di AS saat ini mencapai 237. 016.

AS adalah negara yang banyak dalam hal kematian dan mutlak infeksi, yang sekarang mencapai bertambah dari 9, 8 juta. Peristiwa Corona melonjak selama berminggu-minggu dalam hampir setiap bagian negara, dengan wilayah Midwest yang memiliki efek paling buruk.

Urusan Corona diperkirakan akan meningkat bertambah lanjut ketika memasuki musim sejuk dimana orang-orang beralih mulai sosialisasi di dalam ruangan. Hal tersebut yang berpotensi menyebarkan virus.

Biden telah menempatkan rencana respons pandemi di pusat seruannya kepada rakyat Amerika. Dia juga berulang kali menegur Presiden Donald Trump karena salah menangani respons kesehatan masyarakat.

Biden mengatakan melalui kemenangan Pilpres AS 2020 saatnya menyembuhkan Amerika. Simak di halaman berikutnya.