Jakarta

Kabar duka datang dari Brunei Darussalam. Putra kedua dari Raja Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah, Pangeran Haji Abdul Azim meninggal dunia.

Pemerintah Brunei Darussalam menetapkan masa berkabung selama 7 hari. Pangeran Azim dikabarkan meninggal dunia pada Sabtu (24/10) pada memukul 10. 08 waktu setempat.

Meninggalnya Pangeran Brunei itu diumumkan secara resmi melalui radio dan koran setempat.

“Putra Sultan Haji Hassanal Bolkiah, Tengku Haji ‘Abdul’ Azim meninggal negeri pada tanggal 17 Rabiul mula (24 Okt) pukul 10. 08 waktu setempat. Pemakaman akan berlangsung saat salat Ashar (tengah hari) sore ini, ” demikian suara pengumuman itu, dilansir dari The Strait Times, Minggu (25/10/2020).

Menurut laporan berita, seorang sumber dari Brunei mengatakan bahwa pangeran telah dirawat di vila sakit beberapa lama. Namun, tak dijelaskan penyakit yang diderita Pangeran Abdul Azim.

Negeri Tetapkan Masa Berkabung 7 Keadaan

Sumber itu selalu mengatakan Brunei berada dalam zaman berkabung tujuh hari. Instruksi yang dikirim kepada warga, menurut petunjuk lokal, berbunyi ‘Wanita Muslim diharuskan memakai tudung putih atau kerudung, dan non-Muslim diharuskan memakai ban lengan putih berukuran lebar 3 inci (7, 6 cm)’.

Menurut surat kabar Borneo Bulletin, mendiang Pangeran Brunei itu dimakamkan di Royal Mausoleum dalam ibu kota pada hari Sabtu kemarin.