Michigan berantakan

Tim kampanye Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mengupayakan berbagai langkah hukum buat di negara-negara bagian di mana dia kalah suara dari penantangnya dalam pilpres, Joe Biden. Selain di Pennsylvania, Trump juga mengajukan gugatan hukum di Michigan, Wisconsin, Nevada dan Georgia.

Seperti dilansir Associated Press , Kamis (5/11/2020), tim kampanye Trump menyerukan penghentian tengah untuk proses penghitungan di Michigan, hingga pihaknya mendapatkan akses ‘berarti’ di sejumlah lokasi pemungutan perkataan.

Tim kampanye Trump juga meminta untuk diizinkan buat memeriksa surat suara yang telah dibuka dan diproses untuk dihitung. Diketahui bahwa proyeksi Associated Press menyatakan Trump kalah dari Biden di Michigan.

Dalam gugatan asas di Wisconsin, tim kampanye Trump meminta dilakukan penghitungan ulang. Eksekutif kampanye Trump, Bill Stepien, menunjuk adanya ‘ketidakwajaran di beberapa provinsi di Wisconsin’. Stepien tidak menjelaskan lebih lanjut tuduhannya itu.

Proyeksi Associated Press dan sebanyak media terkemuka AS lainnya pula menyatakan Trump kalah dari Biden di Wisconsin.

Di Nevada, tim kampanye Trump menuntut akses lebih baik bagi para-para pemantau pemilu di lokasi wadah penghitungan suara dilakukan. Nevada menjadi salah satu negara bagian dengan belum menyelesaikan penghitungan. Data sementara dari Fox News dan CNN menunjukkan Biden unggul sementara atas Trump dalam Nevada.