Hong Kong

Polisi dalam Hong Kong menangkap tiga bekas anggota parlemen pada Rabu (18/11/2020) pagi. Mereka ditangkap atas insiden pelemparan cairan berbau busuk di badan legislatif Hong Kong dalam Mei dan Juni lalu.

Dilansir dari Reuters dan Channel News Asia , Rabu (18/11) aktivis pro-demokrasi Ted Hui, Ray Chan dan Chu Hoi-dick mengkonfirmasi penangkapan itu dalam halaman Facebook mereka.

Penangkapan terjadi setelah anggota dewan perwakilan rakyat oposisi Hong Kong mengundurkan diri secara massal pekan lalu jadi protes terhadap pemecatan empat rekannya. Mereka diduga dipecat sebagai gairah lain China untuk menekan demokrasi di kota itu.

Polisi mengatakan bahwa setelah penyelidikan mendalam, ketiga pria tersebut didakwa membuktikan menggunakan zat berbahaya dengan tujuan untuk menimbulkan bahaya, cedera moral atau iritasi pada orang asing. Mereka telah ditahan sementara pengkajian berlanjut.

Tayangan langsung televisi menunjukkan anggota parlemen Eddie Chu dan Ray Chan bergegas ke depan majelis saat diskusi pada bulan Juni atas undang-undang kontroversial yang akan mengkriminalisasi perilaku tidak hormat terhadap lagu kewarganegaraan nasional China, memercikkan cairan berbau zaman para petugas bergulat dengan itu. Polisi dan petugas pemadam kebakaran tiba kemudian.

Bagaimana rekam jejak para bagian parlemen ini? Silakan klik halaman selanjutnya.